"Selamat datang di blog ufo-spiritual.blogspot.com"

Semoga bisa memberikan INSPIRASI kepada Anda

Gambar Senjata Trisula Weda, Ratu Adil + 939

Gambar Senjata Trisula Weda, Ratu Adil + 939
Gambar hasil dari Apresiasi "Bait Terakhir Ramalan Jayabaya"

Halaman Khusus untuk Ramalan Jayabaya.

Khusus untuk Artikel-artikel Ramalan Jayabaya, bembahasan lebih luas "Senjata Trisula Weda", untuk Artikel-artikel lhusus ini yaitu Senjata Trisula Weda yang ke-4 dan seterusnya Silahkan Anda Kunjungi di Blog Khusus : http://trisulaweda939.blogspot.com/

Minggu, 03 Oktober 2010

Kebleg

Kebleg

A.Kebleg.

Kebleg adalah merupakan makhluk jadi-jadian yang populer di Masyarakat Jawa. Pekerjaan makhluk ini adalah mencuri beras cara mencurinya di jumputi (kelima jari dipertemukan dijadikan satu untuk mengambil beras), secara merata permukaan beras diambil dengan cara di jumputi.

Bentuk makhluk Kebleg ini yaitu menyerupai Kelelawar dan besarnya kurang lebih sebesar kelelawar,dengan cara terbang mencari tempat yang ada berasnya,jika sudah ketemu maka Beras itu dijumputi permukaan-nya,mencurinya tidak banyak satu tempat paling banyak satu ons Beras atau seper sepuluh kilogram pada setiap penyimpanan Beras. setelah mengambil Beras terbang lagi mencari tempat penyimpanan beras yang lain dan dikumpulkan sampai banyak dan kalau sudah penuh tempatnya Kebleg itu pulang dengan membawa beras curiannya. Dalam semalam bisa menghasilkan lebih dari seratus kilogram beras.

Beras walaupun ditaruh di dalam penyimpanan Beras kalau Orang Jawa ada yang di simpan di dalam Gentong dan di tutup rapat atau penyimpanan beras yang lain meski ditutup rapat masih dapat masuk karena Kebleg adalah Makhluk halus yaitu Roh manusia yang Masih hidup dijadikan kebleg. Untuk mengetahui dicurinya Beras itu oleh Kebleg mudah sekali yaitu jika pagi hari tempat penyimpanan Beras itu dibuka dan lihat permukaan Beras itu jika dicuri oleh Kebleg permukaan Beras ada bekas jumputan jari tangan dan banyak jumputan itu.

Jika dilihat dari bentuknya memang kecil sebesar Kelelawar akan tetapi ini makhluk jadi-jadian sebenarnya kantong Beras untuk membawa Beras besar,bisa menampung beras sampai puluhan kilogram beras. Pada waktu berangkat suaranya Plek Plek Plek jika terbang dan kalau pulang suaranya berbeda yaitu menjadi suara Bleg Bleg Bleg ini manandakan sudah dapat beras tkantong tempat membawa beras sudah penuh maka suara itu menandakan berat. Dari suara Bleg Bleg ini kemudian dinamakan Kebleg.

Jalur terbang Kebleg sering kali tetap dan jam juga tetap,jarang selisih dari jam yang ditentukan. Kebleg ini termasuk makhluk tepat waktu pada saat bekerja yaitu mencuri beras. Hal ini Saya ketahui pada waktu Saya masih usia sekolah menengah pertama (SMP),dibelakang rumah ada jalur Kebleg jika berangkat dari arah selatan berbunyi Plek Plek Plek dan jika pulang dari arah utara berbunyi Bleg bleg Bleg jika terbang pulang. Kebleg ini dalam satu minggu beroperasi antara tiga kali sampai empat kali dalam seminggu. Tetangga-tetangga yang dilewati jalur terbang Kebleg ini banyak yang tahu kalau ada Kebleg,akan tetapi tidak ada yang tahu dari mana asal terbang keblek itu dan siapa yang jadi kableg.

B.Cara Orang jadi Kebleg.

Untuk menjadi Kebleg ada Gurunya yang mengajari menjadi Kebleg dan Orang yang ingin menjadi Kebleg harus sepasang dan yang jadi Kebleg bisanya orang yang sudah menikah karena harus sepasang dan harus menjaga rahasia supaya tidak diketahui oleh orang lain kalau dirinya itu menjadi Kebleg. karena kalau diketahuai oleh Masyarakat bisa malu dan di hindari Masyarakat karena pekerjaan jadi Kebleg ini adalah Pencuri Beras dan merupakan pekerjaan yang hina

Persiapan untuk menjadi Kebleg diperlukan peralatan yaitu alat pertama adalah tempat tidur,peralatan yang kedua lampu Oblek (lampu tradisional bahan bakar dari minyak tanah atau minyak goreng),peralatan yang ketiga korek api untuk menyalakan lampu oblek. jika jadi kebleg harus didalam dikamar tertutup rapat supaya tidak di ketahui oleh orang lain, ventilasi harus baik untuk menjaga Kesehatan.

Satu pasang yaitu secara bergantian yang menjadi Kebleg begitulah kebanyakan dari pada yang jadi hanya satu orang saja. Masing-masing punya tugas sendiri-sendiri,yang jadi Kebleg tidur di tempat tidur,satunya lagi berjaga tidak boleh tidur. Setelah keduanya siap lampu Oblek dinyalakan yang Jaga menjaga lampu Oblek, keduanya membaca doa selamat supaya selamat. Setelah membaca doa Ke-Selamatan dilanjutkan Mantra Kebleg dibaca berulang sampai yang jadi Kebleg  kelihatannya seperti orang tidur. Akan tetapi sebenarnya tidak tidur Roh orang itu keluar menjadi Kebleg bertugas mencuri beras. Yaitu berupa Kelelawar dan terbang keluar rumah dengan suara Plek Plek Plek untuk mencari beras yaitu mencuri Beras.

Tugas jaga lampu harus waspada dan harus diperhatikan terus lampu oblek itu untuk memantau keadaan Roh yang menjadi Kebleg, Jika lampu Oblek itu bergoyang-goyang terus berarti tanda bahaya,disini diperlukan kejelian dan ketelitian untuk membaca keadaan Kebleg yang bertugas mencuri beras itu. Jika goyangan-nya keras maka lampu dimatikan untuk menyelamatkan Kebleg yang akan ditangkap oleh orang. Jika tidak bergoyang-goyang berarti ama-aman saja. begitulah cara orang menjadi Kebleg

Kebleg itu dari satu tempat penyimpanan Beras ke tempat penyimpanan Beras lain dan kalau sudah penuh kantong tempat membawa beras itu kebleg pulang dan suara terbang berubah menjadi Bleg Bleg Bleg itu tandanya kebleg membawa beras penuh. Kantong  untuk mencuri beras ini sebenarnya tidak berupa secara fisik akan tetapi berupa kantong ghaib. Cara mengeluarkan Beras hasil dari mencuri itu adalah dengan cara kirik (yang jadi Kebleg mengetarkan badan) dan keluarlah beras itu dari beberapa lubang anggota tubuhnya. Yaitu dari Hidung, Mulut, Mata, Telinga,Ketiak seakan Beras dicurahkan keluar sampai puluhan kilogram Beras,ini tergantung kekuatan yang menjadi ke Kebleg dan kesanggupan untuk mencuri Beras. Dalam semalam bisa menghasilkan Beras sebanyak satu kwintal Beras lebih hasil dari kerja dua orang dalam semalam. Jika Beras sudah keluar Kebleg berangkat lagi mencari beras.

Jika keadaan sangat bahaya lampu Oblek dimatikan dan reaksi ini yang menjadi kebleg aman Roh kembali ketubuh lagi dan sadarlah orang itu ini berarti selamat,jika tidak bangun yang menjaga lampu itu harus mancarinya sampai ketemu kalau tidak orang yang menjadi Kebleg itu akan meninggal dunia. jika tertangkap orang harus menebusnya pakai uang dan seumpama Kebleg yang berupa kelelawar itu disembelih atau digoreng dan dimakan oleh yang menangkap itu masih ada harapan yaitu sisa dari bagian Kebleg yang berupa Kelelawar itu bisa untuk menghidupkan orang yang menjadi Kebleg yaitu darah atau kulit bagian apa saja dari tubuh Kebleg itu dapat untuk membangkitkan orang yang telah meninggal itu hidup kembali dengan cara dioleskan ke tubuh yang menjadi Kebleg itu di rumahnya. setelah di oleskan ke tubuh yang menjadi kebleg itu seketika itu pula Hidup kembali.

Itulah cara kerja Kebleg dan kebleg ini dikenal Masyarakat banyak dan merupakan makhluk jadi-jadian yang kerjanya mencuri Beras. Berbeda dengan Tuyol, kalau Tuyol makhluk peliharan yaitu makhluk Jin kecil yang dipelihara oleh manusia untuk mencuri uang. Kalau Kebleg merupakan Makhluk jadi-jadian yang berasal dari Roh Manusia yang masih hidup.

Kalau menjadi Kebleg jika ada bahaya untuk menyelamatkan orang yang menjadi kebleg ini memakai media lampu Oblek,jika goyangannya keras lampu dimatikan dan yang memburu Kebleg itu kehilangan jejak. karena begitu lampu Oblek dimatikan Keblek yang berupa Kelelawar itu menghilang dari pandangan mata si pemburu Kebleg. Yaitu Roh kembali kewujud semula dan kembali ke tubuh orang yang menjadi kebleg dan sadar bangun.

C.Kebleg yang tertangkap.

Ada berita Kebleg tertangkap dan dimasukkan ke dalam toples oleh yang menangkap dan siapa saja boleh melihat, maka berbondong-bondong mulai dari anak-anak sampai orang yang berusia tua untuk melihat Kebleg yang tertangkap itu berita cepat menyebar sampai dari luar kampung juga banyak yang datang. Tidak ketinggalan saya juga ikut melihat bersama teman-teman datang kerumah orang yang menangkap Kebleg. Setelah sampai ditempat banyak orang melihat Kebleg itu dan juga banyak anak-anak yang melihat kebleg termasuk saya ketika itu saya masih usia anak-anak dan duduk di sekolah dasar kelas empat.

Benar juga kebleg itu di masukkan kedalam Toples Besar dan diatas toples itu ditutup dengan kain yang anyaman  jarang,supaya Kebleg bisa bernafas. Bentuk dari kebleg itu seperti kelelawar,bentuknya lebih kecil dari kelelawar dan sebenarnya banyak perbedaan dengan Kelelawar, moncong Kebleg tidak lancip seperti kelelawar dan warna bulu tidak gelap seperti kelelawar, warna bulunya krem kekuning-kuningan dan bulunya lembut lebih lembut dari kelelawar,matanya tidak seganas mata kelelawar, pandangan Kebleg itu lembut. Perbedaan yang sangat nyata dengan kelelawar adalah pada perut bagian bawah terdapat kantung kecil seperti binatang Kanguru dari Australia. Tempat kantong inilah kata orang-orang untuk menampung dan membawa beras.

Saya penasaran ketika itu dan pikiran Saya masih terbatas,Saya befikir Kebleg sekecil itu kalau mencuri beras satu kilo saja harus bolak-balik berapa kali kan kantongnya kecil satu sendok makan saja tidak muat. Begitulah pikiran saya ketika itu saya masih kelas empat sekolah dasar.

Dari pikiran yang berkacamuk itu Saya bertanya kepada orang yang sudah dewasa dan saya anggap orang itu mengerti karena sudah dewasa dan sama-sama juga nonton Kebleg itu.
Saya bertanya : "Pak Kebleg itu kok kecil katanya kalau mencuri beras dalam semalam bisa sampai satu karung Beras kan tidak mungkin,bolak-balik berapa kali dalam semalam kantung untuk membawa Beras itu kan kecil sekali satu sendok makan saja tidak muat!?
Orang itu menjawab : "Kebleg dan kantungnya itu memang kelihatan kecil itu yang terlihat oleh mata,tapi bentuk yang sebenarnya besar tidak sekecil itu, bentuk yang besar itu gaib".
Begitu saya mendapat penjelasan, Saya menjawab : "oooh begitu bentuk gaib yaitu bentuk yang sebenarnya besar"
Dan saya berfikir, "bentuk gaib adalah bentuk yang tidak kelihatan mata."

NB :
  • Jika anda curiga kepada tetangga anda ingin tahu pasti, maka beras milik anda kasih pewarna dan taruh di bagian atas lebih kurang setebal dua sentimeter dan selidiki orang yang anda curigai,jika ada warna yang sesuai berarti itu beras anda. Untuk menjaga kesehatan pakailah pewarna dari empon-empon Kunir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat Gembira dan ber-terimakasih atas Perhatian Anda,kritik dan saran Anda...Kami perlukan demi kemajuan Kita bersama dan Terimakasih.